Introduction Bahasa Pemrograman dan perannya
Hello readers,
Ketemu lagi di blog
ini, untuk postingan kali ini kita akan membahas mengenai pengenalan bahasa
pemrograman dan peranannya.
Ada yang tahu tidak?
Yuk langsung saja
kita kupas lebih dalam.
A. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman
dapat diartikan suatu bahasa atau perintah yang diberikan manusia kepada
komputer untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu, namun pastinya komputer
tidak akan mengerti bahasa manusia tanpa adanya suatu penerjemah diantara
keduanya, maka dari itu peran penerjemah dalam pembuat programan memegang
peranan penting. Dalam membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa
pemrograman adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan,yaitu sebagai
berikut
-
Algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun
secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.
Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara
berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Dalam pembuatan
suatu progran hal pertama yang harus kita ketahui algritma dari program
tersebut, sebab algoritma merupakan hal terpenting dari suatu program, yang
bisa diibaratkan sebagai logika dari program tersebut, jika kita tidak mengetahui
algritma dari program yang ingin kita buat maka dipastikan program kita tidak
bisa berjalan sesuai logika ataupun lebih parah kita tidak bisa untuk membuat
program tersebut.
-
Syntak
Syntak dalam pemrograman merupakan suatu
perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa
pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang
pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain,
namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir
program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka dari itu
seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui sintak dari
bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.
-
Intepreter
Intepreter
adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu
menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi
yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer,
dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram
yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam
pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java).
Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar
kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.
-
IDE
+ OS
OS
adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem
sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware),
dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem
operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak
sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat
menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali
program booting.
IDE (Integrated Development Environment) adalah
perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang akhirnya akan
menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh
programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal
tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan
kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Contoh IDE : python,
codeblocks , DevC++, dll.
B. Model
Pemrograman
Setelah
kita mengetahui tentang bahasa pemrograman, selanjutnya hal yang perlu kita
ketahui dalam pembuatan suatu program adalah model dari program yang akan kita
buat tersebut. Dalam pemrograman dikenal dua model pemrograman yakni secara
struktural dan object oriented. Penjelasan dari kedua model pemrograman
tersebut adalah sebagai berikut
-
Struktural
(Function & Procedure)
Pemrograman
stuktural adalah suatu program yang dibuat dengan memperhatikan urutan
langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan
algoritma yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Ciri utama dari program
struktural adalah suatu program utama dibagi menjadi beberapa bagian-bagian
kecil yang lebih kecil, sehingga bisa mempermudah kita pada proses pemahaman
dari program tersebut. Hal utama yang biasanya digunakan pada program
struktural adalah terdapatnya penggunaan fungsi dan prosedure.
· Function.
Function (fungsi) merupakan sutau bagian program yang terpisah dari program utama, yang dideklarasikan dengan nama tertentu dan memiliki suatu parameter yang bisa mengembalikan nilai, sehingga dalam pemanggilannya perlu disimpan pada suatu variabel.
Function (fungsi) merupakan sutau bagian program yang terpisah dari program utama, yang dideklarasikan dengan nama tertentu dan memiliki suatu parameter yang bisa mengembalikan nilai, sehingga dalam pemanggilannya perlu disimpan pada suatu variabel.
· Procedure.
Procedure (prosedure) merupakan suatu kumpulan kode yang dibuat terpisah dari program utama, yang nantinya bisa dipanggil pada program utama secara langsung tanpa perlu disimpan pada suatu variabel, sebab karakteristik dari prosedure adalah tidak untuk mengembalikan nilai.
Procedure (prosedure) merupakan suatu kumpulan kode yang dibuat terpisah dari program utama, yang nantinya bisa dipanggil pada program utama secara langsung tanpa perlu disimpan pada suatu variabel, sebab karakteristik dari prosedure adalah tidak untuk mengembalikan nilai.
Contohn bahasa pemrograman yang menggunakan konsep
struktural adalah Pascal dan C
-
Object
oriented (Object & Class)
Pemrograman
object oriented merupakan paradigma pemrograman yang berorientasi kepada objek,
dimana semua data dan fungsi di dalam paradigma dibungkus dalam kelas dan objek.
Model pemrogram berorientasi objek memiliki nilai fleksibilitas yang lebih
dalam hal mengubah program, sebab setiap objek dapat menerima pesan, memproses
data, dan mengirim pesan ke objek lainnya, sehingga model pemrograman ini
sering digunakan untuk membuat suatu software. Berikut merupakan penjelasan
dari object dan class pada pemrograman object oriented.
·
Object.
Objek merupakan dasar dari struktur suatu bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program.
Objek merupakan dasar dari struktur suatu bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program.
·
Class.
Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dalam pemrograman berorientasi objek. Class ini digunakan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.
Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dalam pemrograman berorientasi objek. Class ini digunakan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.
Contoh
bahasa pemrograman yang menggunakan metode object oriented adalah Java (JZEE,
JZGE, JZME), python
C. Peran
Peran
bahasa pemrograman sangatlah banyak dan sangat penting dalam kehidupan
sehari-hari. Berikut adalah beberapa peran-perannya.
-
Jaringan
computer : socket programming
Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman
memiliki peran yang penting. Pernahkan anda berpikir bagaimana kita bisa
berkomunikasi dengan orang lain melalui jaringan, misalnya melalui internet?.
Pastinya anda berpikir bahwa proses komunikasi itu hanya berjalan melalui
pengiriman data secara langsung, namun tanpa anda sadari, sebenarnya proses
komunikasi yang kita lakukan itu juga melibatkan bahasa pemrograman dari
aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Dalam suatu aplikasi yang kita
gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa
pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi
data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan
berdasarkan jenis paket data yang kita kirimkan, contohnya jika kita
mengirimkan paket data e-mail maka port yang digunakan adalah port jaringan
dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan dikaitkan dengan port dengan nomor
yang sama, sehingga proses komunikasi bisa diterima oleh penerima. Peran bahasa
pemrogram dalam proses komunikasi melalui jaringan internet ini dikenal dengan
Socket Programming. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk
socket programming ini adalah C, Java, Python
-
Database
Peran
pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan suatu database, mulai dari
penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan. Bahasa pemrograman dalam
database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari
database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan
satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python)
-
Internet
of thing
Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of
Things. Pernahkan anda menggunakan remote untuk mengunci mobil anda, atau
pernahkan anda memasang perangkat cerdas di rumah anda yang bisa anda gunakan
untuk mematikan semua lampu dari kejauhan?. Semua kasus itu merupakan contoh
dari internet of things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu
alat cerdas yang bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan
teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless
-
Cloud
computing
Pernahkah anda menyimpan file di google drive,
ataupu media penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika
pernah, semua hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud
computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data
pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu
membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan
adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu
jaringan internet.
-
Intelligent
Transportation System (ITS)
Intelligent
transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang tentunya
bisa memudah pengguna dalam menjalankannya. Contohnya dalam hal mengatur suatu
lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak perlu mencari lokasi parkir yang
kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu sensor ke lokasi parkir yang
kosong, sehingga pengemudi hanya perlu mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah
suatu mobil cerdas dimana dalam hal parkir di tempat yang sangat sulit mobil
tersebut bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi,
sebenarnya mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas yang telah
diprograman oleh programernya untuk memudahankan dalam hal yang sangat sulit.
-
Parallel
Computing
Parallel
computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan
spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi
untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika
dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server,
walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam
hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk
server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan
berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode
yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun
sebuah server contohnya google.
-
Bio
Informatika & E-health
Bio informatika dan e-health merupakan suatu
pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya
bisa dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa
membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk
mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi
solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan
ilmu kesehatan.
D. Tips Pemrograman
Selanjutnya,
dalam membuat suatu program ada beberapa tips yang harus diperhatikan, agar
program yang kita buat sesuai dengan keinginan dan bisa lebih cepat dalam
mengusai pemrograman komputer. Berikut merupakan beberapa tips tersebut
-
Pahami
algoritma
Pahami
algoritma dari program yang kita buat, sebab algoritma ini memegang peranan
penting, agar programan yang kita buat berjalan sesuai dengan urutan logis.
-
Kuasai
syntax
Setelah
kita memahami algoritma, pahami juga sintak dari bahasa pemrograman yang kita
gunakan. Jika kita belum menguasai sintak dari bahasa pemrograman yang kita
gunakan, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan untuk menerjemahkan algoritma
kedalam bahasa pemrograman
-
Pahami
model pemrograman (struktur/object oriented)
Selanjutnya pahami model pemrograman yang akan
kita gunakan apakah model program tersebut struktural atau object oriented.
Karena ada beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan model pemrograman structural
sulit untuk move on ke model pemrograman object oriented. Makanya harus dipahami
terlebih dahulu
-
Berlatih
Berlatih,
kenapa berlatih? Karena dengan berlatih kita akan terbiasa untuk membuat
pemrograman. Semua hal kita pahami dalam pemrograman, pasti akan sia-sia jika
kita tidak mau untuk berlatih. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk berlatih
pemrograman
-
Studi
kasus sehari-hari
Nah,
studi kasus sehari-hari yang dimaksud berarti kita menggunakan hal-hal yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang yang selanjutnya diterjemahkan ke
dalam bahasa pemrograman sehingga menjadi suatu program.
-
Aktif
dalam pengembangan (project, open source, github, dll)
Tips terakhir yaitu kita harus mengembangkan
program yang sudah kita buat, agar tidak mentok sampai di program tersebut
saja. Jika ingin memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita barus iktu
serta aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman,
misalnya dalam hal pengembangan project sederhana
E. Security
Security dalam pemrograman tidak hanya berarti
keamanan. Namun dalam pemrograman security ini juga bisa berarti, segala
kemungkian yang bisa membuat program yang telah kita buat tidak bisa berjalan
sesuai dengan logika atau keinginan dari programernya . Adapun security dalam
hal pemrograman adalah sebagai berikut
-
Kesalahan
algoritma
Jika
dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka dapat dipastikan
bahwa program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan urutan logika.
Kesalahan lain yang mungkin dari algoritma adalah kesalahan kita dalam
menerjemahkan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa pemrograman. Seperti
halnya lupa mengisi syarat untuk berhenti saat pengulangan program. Maka
program tersebut terus berjalan tanpa henti.
-
Buffer
overflow
Buffer overflow adalah suatu keadaan dimana
pogram yang kita buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga
bisa memenuhi memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa
terjadi jika kita membuat suatu program yang bisa memecah dirinya sendiri,
sehingga bisa memenuhi memori komputer yang akhirnya bisa membuat suatu
komputer manjadi hang. Apabila hal tersebut terjadi, dapat dikatakan ini
merupakan suatu tindak merugikan pengguna komputer.
F. Tingkat
Pemrograman
Hal terakhir yang akan kita bahas adalah
tingkatkan dari bahasa program. Secara umum tingkat dari bahasa
pemrograman dapat dibedakan menjadi dua tingkat yang penjelesannya sebagai
berikut
-
Tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan
bahasa pemrograman yang mudah untuk pahamin dan mudah untuk dipelajari, sebab
bahasa pemrograman tingkat ini sudah mendekati bahasa manusia, sehingga bisa
dengan mudah untuk dimengerti dan diingat.
Contohnya bahasa Pascal, C, Java.
Contohnya bahasa Pascal, C, Java.
-
Rendah
Bahasa
pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman mesin, yang bahasanya
begitu sulit untuk dimengerti, diingat, dan dipelajari. Selain itu bahasa mesin
ini juga untuk membuat suatu perintah memerlukan sintak yang panjang, namun
walaupun demikian bahasa mesin ini sampai sekarang masih digunakan dalam
beberapa kasus.
Contohnya bahasa assembly.
Yap,
sekian dulu untuk atikel introduction bahasa pemrogram dan perannya, semoga
bisa bermanfaat. Ingat, lakukan yang kamu sukai dan sukai yang kamu lakukan.
Tetap semangat!
Comments
Post a Comment