Introduction Bahasa Pemrograman dan perannya



Hello readers,
Ketemu lagi di blog ini, untuk postingan kali ini kita akan membahas mengenai pengenalan bahasa pemrograman dan peranannya.
Ada yang tahu tidak?

Yuk langsung saja kita kupas lebih dalam.

      A. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman dapat diartikan suatu bahasa atau perintah yang diberikan manusia kepada komputer untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu, namun pastinya komputer tidak akan mengerti bahasa manusia tanpa adanya suatu penerjemah diantara keduanya, maka dari itu peran penerjemah dalam pembuat programan memegang peranan penting. Dalam membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan,yaitu sebagai berikut   

-         Algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Dalam pembuatan suatu progran hal pertama yang harus kita ketahui algritma dari program tersebut, sebab algoritma merupakan hal terpenting dari suatu program, yang bisa diibaratkan sebagai logika dari program tersebut, jika kita tidak mengetahui algritma dari program yang ingin kita buat maka dipastikan program kita tidak bisa berjalan sesuai logika ataupun lebih parah kita tidak bisa untuk membuat program tersebut. 

-         Syntak
Syntak dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.

-         Intepreter
Intepreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java). Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.

-         IDE + OS        
OS adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
IDE (Integrated Development Environment) adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Contoh IDE : python, codeblocks , DevC++, dll.


      B. Model Pemrograman
Setelah kita mengetahui tentang bahasa pemrograman, selanjutnya hal yang perlu kita ketahui dalam pembuatan suatu program adalah model dari program yang akan kita buat tersebut. Dalam pemrograman dikenal dua model pemrograman yakni secara struktural dan object oriented. Penjelasan dari kedua model pemrograman tersebut adalah sebagai berikut

-         Struktural (Function & Procedure)
Pemrograman stuktural adalah suatu program yang dibuat dengan memperhatikan  urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Ciri utama dari program struktural adalah suatu program utama dibagi menjadi beberapa bagian-bagian kecil yang lebih kecil, sehingga bisa mempermudah kita pada proses pemahaman dari program tersebut. Hal utama yang biasanya digunakan pada program struktural adalah terdapatnya penggunaan fungsi dan prosedure. 
·     Function. 
Function (fungsi) merupakan sutau bagian program yang terpisah dari program utama, yang dideklarasikan dengan nama tertentu dan memiliki suatu parameter yang bisa mengembalikan nilai, sehingga dalam pemanggilannya perlu disimpan pada suatu variabel. 
·     Procedure.
Procedure (prosedure) merupakan suatu kumpulan kode yang dibuat terpisah dari program utama, yang nantinya bisa dipanggil pada program utama secara langsung tanpa perlu disimpan pada suatu variabel, sebab karakteristik dari prosedure adalah tidak untuk mengembalikan nilai.


Contohn bahasa pemrograman yang menggunakan konsep struktural adalah Pascal dan C


-         Object oriented (Object & Class)
Pemrograman object oriented merupakan paradigma pemrograman yang berorientasi kepada objek, dimana semua data dan fungsi di dalam paradigma dibungkus dalam kelas dan objek. Model pemrogram berorientasi objek memiliki nilai fleksibilitas yang lebih dalam hal mengubah program, sebab setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya, sehingga model pemrograman ini sering digunakan untuk membuat suatu software. Berikut merupakan penjelasan dari object dan class pada pemrograman object oriented.  
·        Object.
Objek merupakan dasar dari struktur suatu bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program. 
·        Class.
Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dalam pemrograman berorientasi objek. Class ini digunakan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.


Contoh bahasa pemrograman yang menggunakan metode object oriented adalah Java (JZEE, JZGE, JZME), python


       C. Peran
          Peran bahasa pemrograman sangatlah banyak dan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa peran-perannya.

-         Jaringan computer : socket programming
Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman memiliki peran yang penting. Pernahkan anda berpikir bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui jaringan, misalnya melalui internet?. Pastinya anda berpikir bahwa proses komunikasi itu hanya berjalan melalui pengiriman data secara langsung, namun tanpa anda sadari, sebenarnya proses komunikasi yang kita lakukan itu juga melibatkan bahasa pemrograman dari aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Dalam suatu aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan berdasarkan jenis paket data yang kita kirimkan, contohnya jika kita mengirimkan paket data e-mail maka port yang digunakan adalah port jaringan dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan dikaitkan dengan port dengan nomor yang sama, sehingga proses komunikasi bisa diterima oleh penerima. Peran bahasa pemrogram dalam proses komunikasi melalui jaringan internet ini dikenal dengan Socket Programming. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah  C, Java, Python

-         Database
Peran pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan suatu database, mulai dari penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan. Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python)

-         Internet of thing
Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of Things. Pernahkan anda menggunakan remote untuk mengunci mobil anda, atau pernahkan anda memasang perangkat cerdas di rumah anda yang bisa anda gunakan untuk mematikan semua lampu dari kejauhan?. Semua kasus itu merupakan contoh dari internet of things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu alat cerdas yang bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless

-         Cloud computing
Pernahkah anda menyimpan file di google drive, ataupu media penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika pernah, semua hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.

-         Intelligent Transportation System (ITS)
Intelligent transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang tentunya bisa memudah pengguna dalam menjalankannya. Contohnya dalam hal mengatur suatu lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak perlu mencari lokasi parkir yang kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu sensor ke lokasi parkir yang kosong, sehingga pengemudi hanya perlu mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, sebenarnya mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas yang telah diprograman oleh programernya untuk memudahankan dalam hal yang sangat sulit.

-         Parallel Computing
Parallel computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya google.

-         Bio Informatika & E-health
Bio informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan ilmu kesehatan.


      D. Tips Pemrograman
Selanjutnya, dalam membuat suatu program ada beberapa tips yang harus diperhatikan, agar program yang kita buat sesuai dengan keinginan dan bisa lebih cepat dalam mengusai pemrograman komputer. Berikut merupakan beberapa tips tersebut

-         Pahami algoritma
Pahami algoritma dari program yang kita buat, sebab algoritma ini memegang peranan penting, agar programan yang kita buat berjalan sesuai dengan urutan logis.

-         Kuasai syntax
Setelah kita memahami algoritma, pahami juga sintak dari bahasa pemrograman yang kita gunakan. Jika kita belum menguasai sintak dari bahasa pemrograman yang kita gunakan, maka bisa dipastikan kita akan kesulitan untuk menerjemahkan algoritma kedalam bahasa pemrograman

-         Pahami model pemrograman (struktur/object oriented)
Selanjutnya pahami model pemrograman yang akan kita gunakan apakah model program tersebut struktural atau object oriented. Karena ada beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan model pemrograman structural sulit untuk move on ke model pemrograman object oriented. Makanya harus dipahami terlebih dahulu 

-         Berlatih
Berlatih, kenapa berlatih? Karena dengan berlatih kita akan terbiasa untuk membuat pemrograman. Semua hal kita pahami dalam pemrograman, pasti akan sia-sia jika kita tidak mau untuk berlatih. Maka dari itu rajin-rajinlah untuk berlatih pemrograman

-         Studi kasus sehari-hari
Nah, studi kasus sehari-hari yang dimaksud berarti kita menggunakan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman sehingga menjadi suatu program.

-         Aktif dalam pengembangan (project, open source, github, dll)
Tips terakhir yaitu kita harus mengembangkan program yang sudah kita buat, agar tidak mentok sampai di program tersebut saja. Jika ingin memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita barus iktu serta aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman, misalnya dalam hal pengembangan project sederhana

      E. Security
Security dalam pemrograman tidak hanya berarti keamanan. Namun dalam pemrograman security ini juga bisa berarti, segala kemungkian yang bisa membuat program yang telah kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan logika atau keinginan dari programernya . Adapun security dalam hal pemrograman adalah sebagai berikut

-         Kesalahan algoritma
Jika dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka dapat dipastikan bahwa program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan urutan logika. Kesalahan lain yang mungkin dari algoritma adalah kesalahan kita dalam menerjemahkan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa pemrograman. Seperti halnya lupa mengisi syarat untuk berhenti saat pengulangan program. Maka program tersebut terus berjalan tanpa henti.

-         Buffer overflow
Buffer overflow adalah suatu keadaan dimana pogram yang kita buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa terjadi jika kita membuat suatu program yang bisa memecah dirinya sendiri, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang akhirnya bisa membuat suatu komputer manjadi hang. Apabila hal tersebut terjadi, dapat dikatakan ini merupakan suatu tindak merugikan pengguna komputer.

       F. Tingkat Pemrograman
Hal terakhir yang akan kita bahas adalah tingkatkan dari bahasa program. Secara umum tingkat dari  bahasa pemrograman dapat dibedakan menjadi dua tingkat yang penjelesannya sebagai berikut

-         Tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk pahamin dan mudah untuk dipelajari, sebab bahasa pemrograman tingkat ini sudah mendekati bahasa manusia, sehingga bisa dengan mudah untuk dimengerti dan diingat. 
Contohnya bahasa Pascal, C, Java.

-         Rendah
Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman mesin, yang bahasanya begitu sulit untuk dimengerti, diingat, dan dipelajari. Selain itu bahasa mesin ini juga untuk membuat suatu perintah memerlukan sintak yang panjang, namun walaupun demikian bahasa mesin ini sampai sekarang masih digunakan dalam beberapa kasus. 
Contohnya bahasa assembly.


Yap, sekian dulu untuk atikel introduction bahasa pemrogram dan perannya, semoga bisa bermanfaat. Ingat, lakukan yang kamu sukai dan sukai yang kamu lakukan. Tetap semangat!





Comments

Popular posts from this blog

Plug-in Ease & Wizz dalam After Effects

Bahasa C : Kode Program Anak Ayam

MENGENAL ADOBE AFTER EFFECT